Rakernas Apeksi 2023 Dongkrak Kegiatan Ekonomi di Makassar

Related Articles

MAKASSAR – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023 digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada 10-14 Juli 2023. Ketua Apeksi Bima Arya mengatakan rakernas ini akan meningkatkan aktivitas ekonomi di Kota Makassar.

Diperkirakan tambahan uang beredar atau berputar di Kota Makassar selama pelaksanaan Rakernas Apeksi 2023 mencapai lebih Rp 40,5 miliar. “Hitungan kasar kami itu lebih dari Rp 40,5 miliar selama pelaksanaan Rakernas Apeksi dan rangkaiannya di Makassar,” ujar Bima Arya, yang juga wali kota Bogor (Jawa Barat), Rabu (12/7/2023).

Ia menyebutkan total 5 ribu peserta Rakernas Apeksi 2023 dari 98 kota se-Indonesia hadir di Kota Makassar untuk mengikuti serangkaian kegiatan Apeksi itu. Peningkatan signifikan peredaran uang selama Rakernas Apeksi dapat dilihat dari sektor perhotelan, pariwisata, akomodasi dan transportasi, rumah makan, dan pelaku usaha lokal.

“Jadi saya memang punya orang yang setiap kegiatan Apeksi saya suruh catat peredaran uang di lokasi tuan rumah Apeksi. Kira-kira angkanya 5.000 tamu yang hadir,” katanya.

Baca Juga:   Wedding Exhibition Four Points Diisi 46 Vendor

“Paling banyak dari Malang memboyong anggotanya sebanyak 400 orang, kota lain ada yang 300 orang, 200 orang. 2.500 kamar hotel di Makassar semua terisi itu sekitar Rp 7,5 miliar, transportasi Rp 4,5 miliar, kuliner kota makan enak Rp 6 miliar, dan tiket PP (pulang pergi) Rp 15 miliar. Total itu mungkin sebesar Rp 40,5 miliar,” tambahnya.

Bima Arya menerangkan kegiatan Apeksi memang memberi berkah tersendiri bagi setiap tuan rumah. Apalagi Kota Makassar memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Belum lagi berbicara sektor lain, berapa orang yang terlibat untuk persiapan pembukaan Rakernas Apeksi, termasuk penyelenggara acara dan pengisi acara.

Pembukaan Rakenas XVI Apeksi 2023 di Hotel Upperhils Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, Rabu (12/7/2023). (Foto: Istimewa)

 

Hal itu dibenarkan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat memberi sambutan. Ia mengatakan peredaran uang bahkan mungkin lebih dari yang disebutkan Bima Arya. Menurutnya, bukan hanya peredaran uang yang meningkat, tapi bentuk kerja sama yang terjalin antara pengunjung dan pelaku usaha di Kota Makassar.

Baca Juga:   Karnaval Nang Tunjungan Jadi Agenda Tahunan

“Lima hari Rakernas Apeksi ini bisa lebih dari Rp 40 miliar peredaran uang di Kota Makassar. Tapi yang paling penting banyaknya terjalin kerja sama di sektor UMKM. Apeksi ini menghidupkan interaksi pelaku usaha di Kota Makassar,” katanya.

Sementara, Marcom Manager Claro Hotel Makassar, Richwan Wahyudi mengatakan hadirnya kegiatan Apeksi ini mendongkrak okupansi hotel. “Di Claro ada 585 kamar. Rata-rata tamu pesan lewat aplikasi online. Tapi yang jelas ada pengaruhnya. Kamar full di hari ke 2-4 pergelaran Apeksi,” paparnya.

Sektor kuliner pun ikut melonjak. Salah satu UMKM peracik kopi instant dan racik yang membuka booth di sekitaran anjungan, Kevin mengaku jualan kopi botolannya laris manis. Bahkan tak cukup dua jam salah satu varian kopinya sudah habis.

“Tadi pas buka dua jam kemudian kopi kita habis yang varian aren padahal kita bawa 100 botol. Ini sampai sore masih banyak yang beli varian lain. Sangat berpengaruh ke penjualan,” ucapnya. (ant/en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img