Ivendo Prediksi Juni Jadi Periode Penyelenggaraan Acara Tertinggi

Related Articles

JAKARTA – Indonesia Event Industry Council (Ivendo) atau Dewan Industri Event Indonesia memprediksi bulan Juni menjadi periode penyelenggaraan acara tertinggi di Indonesia tahun ini dengan persentase sebesar 12,29 persen.

“Di bulan Juni, kami prediksikan sudah akan naik lagi (dan menjadi periode penyelenggaraan acara tertinggi tahun 2024),” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ivendo, Mulkan Kamaludin dalam acara bincang-bincang di Jakarta, Senin (1/4/2024).

Melihat prediksi tersebut, Mulkan optimistis sepanjang 2024 jumlah penyelenggaraan acara di Indonesia akan cukup stabil. “Kalau melihat situasi regional di ASEAN, tahun ini (jumlah penyelenggaraan acara) lagi bagus,” kata Mulkan.

Ketua Umum DPP Ivendo, Mulkan Kamaludin dalam acara bincang-bincang di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024). (Foto: Antara/Vinny Shoffa Salma)

 

Sepakat dengan DPP Ivendo, pendiri Indonesia Professional Organizer Society (IPOS), Harry Dwi Nugraha menguatkan pernyataan tersebut dengan membagikan data prediksi jumlah penyelenggaraan acara di Indonesia tahun ini.

Berdasarkan data internal IPOS dan Ivendo kata Harry, Juni 2024 menjadi periode tertinggi untuk jumlah penyelenggaraan acara di Indonesia. Setelah itu, jumlah penyelenggaraan acara akan mengalami fluktuasi dan memiliki persentase berbeda di tiap bulannya.

Baca Juga:   IEE 2022 Series Gabungkan 5 Pameran Berskala Internasional

“EO (Event Organizer, penyelenggara acara) yang akan menggelar acara tertinggi di bulan Juni, yakni sebesar 12,29 persen,” kata Harry. Sementara itu, dari awal tahun 2024 hingga 1 April 2024, DKI Jakarta menjadi daerah yang paling banyak menggelar acara, yaitu sebesar 16,22 persen.

Per 1 April 2024, sebanyak 25 provinsi di Indonesia telah melakukan ragam penyelenggaraan acara dari berbagai bidang, mulai dari acara musik, pameran, lokakarya, festival, dan lainnya. Dari daftar tersebut, terdapat empat besar daerah di Indonesia yang memiliki persentase penyelenggaraan acara tertinggi.

Urutan pertama ada DKI Jakarta dengan persentase sebesar 16,22 persen, diikuti dengan Bali sebesar 12,97 persen, Jawa Barat (Bandung) sebesar 11,35 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 10,27 persen, dan sisa daerah lainnya berada di bawah 10 persen.

Pada Januari 2024, Ivendo dan IPOS mencatat terdapat 5,93 persen penyelenggaraan acara, Februari 8,90 persen dan Maret 8,90 persen. Pada bulan April saja, diperkirakan ada 7,63 persen acara.

Selama setahun ke depan, Ivendo dan IPOS memprediksi penyelenggaraan acara mencapai dua digit pada Mei dan Juni, masing-masing sebesar 10,59 persen dan 12,29 persen. Bulan Juli, penyelenggaraan acara turun menjadi 9,75 persen; Agustus 8,05 persen; dan September 5,93 persen.

Baca Juga:   Bupati Penuhi Harapan Netizen, Nobar Timnas U-23 di Videotron Hebohkan Tenggarong

Pada Oktober hingga Desember, asosiasi tersebut memperkirakan penyelenggaraan acara mencapai 8,90 persen (Oktober); 6,78 persen (November) dan 6,36 persen pada Desember 2024. (ant)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img