Ribuan Warga Hadiri Karnaval Nusantara Satu Abad NU

Related Articles

SIDOARJO – Karnaval Nusantara Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) menjadi bagian dari resepsi 24 jam nonstop organisasi keagamaan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). Karnaval menampilkan beragam budaya nusantara dan dunia yang pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Peserta karnaval memulai iringan-iringan dari Alun-alun Sidoarjo menuju Parkir Timur Gedung Olahraga (GOR) Delta Sidoarjo. Rute karnaval meliputi Jalan Cokronegoro – Jalan Sultan Agung – Jalan Teuku Umar – Jalan Pahlawan. Ribuan warga tampak menyaksikan karnaval di sepanjang rute yang dilalui peserta.

Ibu-ibu Fatayat NU memakai sarung batik saat mengikuti Karnaval Nusantara 1 Abad NU di kawasan Alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). (Foto: Umarul Faruq/Antara Foto)

 

Acara yang digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menampilkan beragam kebudayaan, baik yang bersifat tradisi maupun agamis. Mulai dari marching band Kolosal 400 banser Jawa Tengah, Reog Ponorogo, Hadrah Kuntulan Banyuwangi, Ul Daul Madura, Tari Badui Yogyakarta.

Kemudian Barongsai, Ondel-Ondel Jakarta, Tari Saman Aceh, Tari Zapin Melayu, Tari Mapadendang Makasar, Tari Piring Sumatera Barat, Tari Ambon Manise Ambon. Lalu ada Tari Sajojo Papua, Tari Burung Enggang Kalimantan, Marching Band, dan Tari Kolosal persembahan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, serta Kirab 100 Ambulans LAZIZNU Jawa Timur.

Baca Juga:   Puncak Harlah 1 Abad NU Digelar 24 Jam Nonstop

Yang menarik, karnaval menampilkan tari sufi dengan barisan sepanjang 2 kilometer yang dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia Dunia (MURI). Selain itu, ada pula happening art 26.000 sticky note Fatayat NU.

Karnaval menampilkan beragam budaya nusantara baik yang bersifat tradisi maupun agamis. (Foto: Umarul Faruq/Antara Foto)

 

Resepsi puncak Satu Abad NU digelar selama 24 jam nonstop Selasa (7/2/2023) di GOR Delta Sidoarjo mulai pukul 00.00 hingga 23.00 WIB. Rangkaian acaranya meliputi Qiro’ah dan Manaqib, Rhotib Al Attas dan Asmaul Husna Ijazah Kubro, Selawat Subuh, Selawat Satu Abad Nahdlatul Ulama, Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama bersama Presiden Jokowi dan Ulama Sedunia, Karnaval Kebudayaan, dan ditutup dengan Hiburan Rakyat.

Peserta menampilkan tari sufi dengan barisan sepanjang dua kilometer yang akan dicacatkan dalam rekor MURI saat Karnaval Nusantara 1 Abad NU di kawasan Alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023). (Foto: Umarul Faruq/Antara Foto)

 

Hiburan Rakyat sebagai penutup akan dimeriahkan oleh sejumlah artis papan atas. Mulai dari Rhoma Irama dan Soneta Group, Maher Zain, Zulfikar Basyaiban, Cak Lontong, Addie MS, Denny Malik, Tohpati, Slank, Dewa Budjana, Veve Zulfikar, Kikan Namara, Qosima, Woro Widowati, Anisa Rahman, dan Akbar Kobar.

Baca Juga:   Unair-PWNU Jatim Berkolaborasi Gelar Konser 1.001 Malam

Kabupaten Sidoarjo dipenuhi lautan manusia sejak Selasa dini hari. Sementara itu, keterbatasan kapasitas membuat banyak jemaah NU tidak bisa mengikuti langsung kegiatan di dalam GOR Delta. Meski demikian, Pemkab Sidoarjo telah menyiapkan layar-layar digital untuk live streaming di beberapa titik strategis, sehingga para jemaah yang tidak bisa masuk ke dalam GOR Delta tetap bisa mengikuti dan menyaksikan langsung acara yang menandakan kesiapan menuju abad kedua NU. (diskominfo Jatim/en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img