PKB Kabupaten Badung Lestarikan Kekayaan Budaya Bali

Related Articles

BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyelenggarakan Pesta Kesenian Bali ke-46 Kabupaten Badung sebagai salah satu upaya pelestarian kekayaan seni dan budaya tradisional Bali. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Kamis (6/6/2024).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pelestarian budaya. Sudah tentu tugas kami adalah melestarikan kegiatan-kegiatan yang bagus yang sudah ada dari dulu apalagi terkait dengan kesakralan yang ada di setiap wilayah,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Jumat (8/6/2024).

Ia mengatakan, Pesta Kesenian Bali ke-46 Kabupaten Badung menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya yang diikuti oleh para seniman atau duta-duta yang ada di masing-masing kecamatan dan organisasi kewanitaan.

Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta saat menyaksikan Lomba Seksi Kewanitaan PKB ke-46 Badung 2024 di lobi Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Kamis (6/6/2024). (Foto: RRI)

 

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti lomba peragaan busana, yaitu lomba busana kerja adat berbahan tenun ikat tradisional. Juga diselenggarakan lomba busana adat ke pura berbahan tenun ikat tradisional dan lomba busana kerja berbahan tenun ikat tradisional, lomba ngulat klangsah, lomba gebogan, melukis dan mewarnai wayang.

Baca Juga:   Peringati Hari Lahir Pancasila, Banyuwangi Gelar Festival Budaya Nusantara  

“Saya kira selama momentum kegiatan ini seniman kami bisa melakukan dengan baik. Harapannya hal itu juga dilakukan nanti ketika Pesta Kesenian Bali tingkat provinsi, semua kegiatan kami dari Kabupaten Badung sudah ada dutanya, artinya partisipasi Kabupaten Badung sangat kuat,” kata Bupati Giri Prasta.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha menambahkan Pesta Kesenian Bali Ke-46 Kabupaten Badung bertujuan melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Badung sekaligus mencari bibit seniman muda yang andal di bidang masing-masing.

“Peserta PKB Kabupaten Badung merupakan masyarakat kami yang berasal dari perwakilan di setiap Kecamatan dan anggota organisasi kewanitaan di Kabupaten Badung. Dana pelaksanaan PKB Rp7 miliar lebih yang bersumber dari APBD Badung tahun 2024,” kata dia. (ant/en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img