“Pagelaran Sabang Merauke” Libatkan 325 Seniman Musik dan Tari

Related Articles

JAKARTA – iForte bersama BCA kembali menggelar ajang pertunjukan seni bertajuk Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway di JIExpo Theater Kemayoran, Jakarta pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2024.

“Ini nanti adalah pagelaran yang kelima, jadi kalau kita lihat pertama kali itu Maret 2022 di Candi Prambanan, kemudian Juni 2022 di Djakarta Theatre, November 2022 di Ciputra Artpreneur, tahun lalu Agustus di JIExpo Theatre,” kata CEO dan President Director iForte, F Aming Santoso di Jakarta Selatan, Selasa (9/7/2024).

Mengangkat tema Pahlawan Nusantara, pertunjukan ini akan menyuguhkan aksi teatrikal yang dipadukan dengan tari-tarian daerah dan kontemporer, iringan musik daerah dan nasional, serta menampilkan busana dari berbagai daerah di Indonesia.

“Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” juga sebelumnya telah menyelenggarakan audisi yang memilih 27 penari berbakat dari seluruh Indonesia untuk menjadi penampil dalam pertunjukan seni ini.

“Ada 124 pendaftar dari 15 provinsi dan dari 77 kota kemudian diseleksi ada 50 finalis. Kemudian 50 finalis ini kita panggil ke Jakarta untuk memperagakan tarian mereka kemudian terpilih 27 finalis. 27 finalis ini lah yang nanti ikut di dalam Pagelaran Sabang Merauke,” kata Aming.

Baca Juga:   Majafest 2023 Diharapkan Bisa Bangkitkan Ekonomi Kreatif
Para penampil dan tim penyelenggara “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” berfoto bersama usai konferensi pers yang digelar di Jakarta Selatan pada Selasa (9/7/2024). (Foto: ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

 

Pertunjukan kolosal ini akan melibatkan 325 seniman musik dan tari yang akan membawakan tarian dan total 35 lagu dari hampir seluruh provinsi di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua.

Tidak hanya itu, “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” juga akan menyuguhkan penampilan alat musik tradisional yang autentik dari berbagai daerah di Indonesia seperti talempong, gamelan, gambang kromong, tifa, dan masih banyak lagi.

Dua solois wanita yakni Isyana Sarasvati dan Yura Yunita akan tampil sebagai penyanyi dalam pagelaran ini bersama dengan Christine Tambunan, Alicia Hartono, Mirabeth Sonia, Nino Prabowo, Gabriel Harvianto, Taufan Purbo, Swain Mahisa, Yan Yosua, dan Alsant Nababan.

Sejumlah otak kreatif yang berperan di balik layar “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” antara lain Rusmedie Agus sebagai sutradara; Sandhidea Cahyo dan Eka Lutfi sebagai koreografer; Dian HP sebagai penata musik.

Baca Juga:   Bandar Serai Festival Tampilkan 88 Grup Seni

Kemudian ada Dunung Basuki, Ammir Gita, dan Medy Ratnasari sebagai penata musik tradisional serta Ivan Gunawan, Opi Bachtiar, Era Soekamto, dan Sanggar Kancil sebagai tim perancang busana.

Penjualan tiket “Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway” dibuka mulai 11 Juli 2024 melalui platform Tiket.com. Tiket pertunjukan ini dibanderol seharga Rp750 ribu untuk kategori Diamond, Rp500 ribu untuk Platinum, Rp400 ribu kategori Gold, dan Rp250 ribu untuk kategori Silver. (en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img