Kenduri Seni Melayu Batam Diikuti 4 Negara di ASEAN

Related Articles

BATAM – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menggelar kegiatan tahunan Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-26, mulai Jumat (7/6/2024) sampai Minggu (9/6/2024). Kegiatan ini diikuti empat negara di kawasan ASEAN, yakni Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, KSM salah satu acara tahunan yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Ia menambahkan, selain diikuti negara-negara tetangga, perwakilan dari provinsi di wilayah Sumatra dan kabupaten/kota di Kepri juga turut berpartisipasi dalam KSM ke-26.

“Kepesertaan hampir 300 peserta dari berbagai negara, nanti kita lihat bagaimana penampilan mereka. Hampir seluruh provinsi di Sumatra juga hadir. Kemudian dari Lingga, Tanjungpinang, Karimun juga hadir di KSM,” kata Ardi, dikutip dari Antara.

Penampilan kesenian dalam Kenduri Seni Melayu Batam tahun 2024. (Foto: ANTARA/Jessica)

 

Ia menjelaskan, KSM mempunyai rangkaian kegiatan kesenian, di antaranya pertunjukan seni, permainan rakyat, seminar budaya, pelatihan tari tradisional, bazar, hingga kuliner Melayu.

Baca Juga:   Festival Sastra Gunung Bintan Digelar September

Menurut Ardi, sejumlah koleksi Museum Batam Raja Ali Haji juga dipamerkan dalam KSM untuk mendekatkan dan memperkenalkan kepada generasi muda serta pengunjung yang hadir dalam acara tersebut.

“KSM ini adalah salah satu kegiatan yang tetap dilaksanakan saat COVID-19, jadi memang betul-betul 26 tahun itu terus berjalan tanpa jeda. Walaupun saat pandemi kita laksanakan secara sederhana,” ujarnya.

Selain itu, ada juga stan bazar kuliner khas Melayu, seperti lendot, putu piring, hingga mie sagu dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Batam. “Bazar kali ini kita juga siapkan secara khusus, Melayu Corner dengan menyuguhkan makanan khas Melayu,” katanya. (ant)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img