Indonesia MICE Youth Challenge Ajak Mahasiswa Adu Konsep dan Inovasi untuk Event MICE

Related Articles

JAKARTA – Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) bekerja sama dengan Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) akan menggelar kompetisi Indonesia MICE Youth Challenge 2024 pada 29-30 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Indonesia MICE Youth Challenge merupakan kompetisi yang mengajak mahasiswa program studi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), bisnis, dan pariwisata bisa menunjukkan kreativitas dan inovasi mereka dalam industri MICE.

Indonesia MICE Youth Challenge juga memberikan tanggung jawab kepada mahasiswa untuk memiliki pengalaman mengembangkan konsep, bisnis hingga menyusun suatu event MICE.

Ketua Asperapi, Hosea Andreas Rungkat mengungkapkan Indonesia MICE Youth Challenge 2024 diyakini mampu menghasilkan ide-ide baru terkait dengan pangsa pasar MICE di Indonesia.

“Kami sangat senang dapat menyediakan platform dan kesempatan bagi para profesional MICE Indonesia di masa depan untuk berkreasi sekaligus terhubung dengan rekan-rekan dari daerah lain yang berpartisipasi untuk menginspirasi ide dan berbagi semangat untuk bisnis ini,” kata Hosea Andreas Rungkat kepada Event Nusantara.

Ketua Asperapi, Hosea Andreas Rungkat saat menghadiri Rakernas Asperapi belum lama ini. (Foto: istimewa)

 

Baca Juga:   Tahun Ini Industri MICE Mulai Menggeliat

Pria yang akrab disapa Andre ini juga mengungkapkan kompetisi ini sudah mulai menarik perhatian dan diikuti oleh 36 kampus di Indonesia yang memiliki program studi pariwisata. ”Bahkan, Asperapi bersama INCCA juga telah bekerja sama dengan Kemenparekraf. Karena tahun ini kita memang berupaya dan kerja keras untuk mencoba menaikkan Sumber Daya Manusia (SDM) MICE itu sendiri,” jelas Andre.

Dibeberkan pula, perguruan tinggi yang ingin mengikuti kompetisi ini dapat  mengirim maksimal dua tim, dengan masing-masing tim maksimal empat orang. Setiap tim harus membuat konsep acara yang baru dan original, sesuai dengan tema Indonesia MICE Youth Challenge, yaitu Sustainability & Green Initiatives.

Mereka juga harus mengkonsepkannya dengan proyeksi bisnis untuk salah satu komponen MICE, yaitu Meeting (pertemuan), Intensive (perjalanan intensif), Conference (konferensi), dan Exhibition (pameran). Serta menyoroti kualitas dan fasilitas unik dari destinasi tersebut, untuk menyakinkan peserta bahwa destinasi mereka adalah tempat terbaik untuk penyelenggaraan MICE.

Kompetisi ini nantinya akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari perwakilan Indonesia Exhibition Companies Association (IECA), INCCA, Penyelenggara Pameran Profesional (PEO), Penyelenggaraan Konvensi Profesional (PCO), serta perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). (cha)

Baca Juga:   Delapan Pertimbangan Konsumen Memilih Venue untuk MICE
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img