Festival Kurikulum Merdeka Tampilkan 46 Karya Potret Cerita Pembelajaran Berkualitas

Related Articles

JAKARTA – Untuk memberikan sebuah gambaran atas pencapaian proses pembelajaran Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudistek) menggelar Festival Kurikulum Merdeka 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril mengungkapkan, dalam pameran itu ditampilkan 46 karya Potret Cerita yang menggambarkan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di berbagai daerah di Indonesia. Diharapkan, sejumlah karya terpilih tersebut dapat menguatkan satuan pendidikan dan orang tua dalam memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru ini.

“Melalui 46 karya Potret Cerita terpilih, Kemendikbudristek ingin menunjukkan bahwa proses implementasi Kurikulum Merdeka telah menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran yang relevan dengan lingkungan sekitar, dan mendukung potensi serta bakat minat yang dimiliki oleh peserta didik Indonesia,” ujar Iwan dalam sambutannya saat pembukaan Festival Kurikulum Merdeka 2024.

Festival Kurikulum Merdeka 2024 yang digelar di JCC Senayan, Jakarta menampilkan 46 karya Potret Cerita dan diskusi mengenai praktik baik pembelajaran berkualitas. Ada pula beberapa stan yang menyajikan permainan interaktif seputar Kurikulum Merdeka. (Foto: Istimewa)

 

Baca Juga:   Sukses di Jakarta, Muslim Life Fair Siap Digelar di Yogyakarta

Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Aswin Wihdiyanto menambahkan, selain pameran puluhan karya Potret Cerita tersebut, para peserta maupun pengunjung termasuk para orang tua juga diberikan ruang untuk saling berinteraksi bersama dalam diskusi bertajuk “Belajar Lebih Bermakna dan Menyenangkan” dan “Semua Punya Peran: Gotong Royong Kuatkan Ekosistem Pendidikan”.

“Festival Kurikulum Merdeka ini sebagai ruang bagi seluruh ekosistem pendidikan, khususnya pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua untuk berekspresi dan menyebarluaskan berbagai inovasi dalam penerapan Kurikulum Merdeka untuk menghadirkan pembelajaran berkualitas yang menginspirasi,” kata Aswin.

Dalam kesempatan ini, Kemendikbudristek juga memberikan penghargaan kepada 51 pemerintah daerah, baik gubernur, wali kota maupun bupati yang dinilai telah bekerja keras dan bergotong royong dengan pemerintah pusat untuk melaksanakan berbagai kebijakan strategis pendidikan terutama dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan sejak 2020 hingga sekarang.

LED Cube milik Karindo LED turut menghiasi panggung utama Festival Kurikulum Merdeka 2024. (Foto: Istimewa)

 

Baca Juga:   Pertamina SMEXPO 2022 Manfaatkan Teknologi Virtual 3D

Terdapat enam kategori penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah. Antara lain, Transformasi Pembelajaran, Transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan, Transformasi Pengelolaan Pendidikan, Transformasi Anggaran Pendidikan, Transformasi Pendidikan Vokasi, dan Program Indonesia Pintar (PIP). (cha)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img