Festival Durian di Bendungan Gondang Karanganyar

Related Articles

KARANGANYAR – Ratusan warga dari berbagai daerah mengikuti Festival Durian 2023 di kawasan Bendungan Gondang Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (6/2/2023).  Festival berlangsung selama empat hari, yakni mulai Senin hingga Kamis (9/2/2023).

Festival durian digelar Pemerintah Desa Gempolan bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) di kawasan yang dikenal sebagai daerah sentra durian. Acara dibuka yang dibuka Bupati Karanganyar Juliyatmono itu disambut antusias ratusan pengunjung dari berbagai daerah di Soloraya.

Pengunjung saat membeli durian dalam Festival Durian 2023 di Kawasan Bendungan Gondang Desa Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Senin (6/2/2023). (Foto: Antara/Muhammad Ayudha)

 

Menurut Bupati Karanganyar Juliyatmono,  buah durian asal Desa Gempolan ini, memiliki aroma khas. Festival durian ini, sekaligus mengenalkan Desa Gempolan sebagai kampung durian di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Durian Gempolan ini, salah satu kekayaan alam yang tidak bisa dimiliki daerah yang lain, karena posisi tanahnya bagus dan rasa duriannya juga khas. Ini terus dikembangkan menjadi salah satu sentra durian.

Baca Juga:   Festival Indonesia Bertutur Libatkan 900 Seniman

Sementara itu, Kepala Desa Gempolan Suhardi mengatakan festival durian di Desa Gempolan sudah digelar dua kali. Pada penyelenggaraan tahun ini, ada sebanyak 35 stand durian dan dua stand UMKM yang ikut meramaikan festival.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar mengingat momen awal 2023 ini, sudah memasuki musim panen buah durian,” katanya.

Lokasi festival sengaja dipilih di Waduk Gondang, karena sekaligus mengenalkan waduk ke masyarakat. Karena banyak warga yang belum bisa masuk ke waduk karena belum dibuka secara resmi.

Pengunjung dapat mencicipi berbagai macam jenis durian mulai dari durian mentega, ketan, durian matahari dan lainnya sekaligus berwisata di Bendungan Gondang. Harga durian yang dijual di acara festival tersebut cukup terjangkau mulai dari Rp30 ribu hingga sekitar Rp100 ribu per biji.

Pengunjung asal Boyolali, Ayudha mengatakan, mendapatkan informasi festival durian dari media sosial. Menurut dia, harga durian yang dijual cukup terjangkau dan rasanya enak. Meski lokasi festival jauh dari Boyolali, tetapi sebanding dengan rasa durian yang enak dan harga murah.

Baca Juga:   Sanjiwana Culture Fest Berlangsung Meriah di Candi Sojiwan Klaten

“Pengunjung selain dapat menikmati enaknya rasa durian, juga melihat pemandangan indah di Bendungan Gondang Karanganyar itu, kata Ayunda.  (antara/en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img