Bali Jadi Tuan Rumah 7 Event Besar

Related Articles

BALI – Tahun ini, Pulau Dewata Bali akan kembali menjadi tuan rumah 7 event berskala besar. Di antaranya Grand Fondo New York (Maret), Pesta Kesenian Bali (Juni), Maybank Bali Marathon dan Soundrenaline (September), Bali Triathlon dan KTT G-20 (Oktober), dan Bali Democracy Forum (Desember).

Event-event berskala besar itu akan mendapat pengawalan dari Polda Bali. “Ini menjadi tantangan kita ke depan untuk mengamankan 7 event besar tersebut,” terang Wakapolda Bali Brigjen Pol Ketut Suardana saat rilis akhir tahun di Mapolda Bali seperti dikutip dari suarabali.id , 29 Desember 2021.

Jenderal bintang satu di pundak itu menjelaskan, akhir tahun 2021 atau di masa pandemi ini pihaknya sukses mengamankan event International Badminton Festival yang berlangsung di Nusa Dua. Dan ada juga event Indonesia Master, Indonesia Open, dan BWF World Tour Final.

Sedangkan menurutnya, event yang paling prioritas dalam pengamanan itu adalah pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G-20) yang digelar di Bulan Oktober 2022. KTT G-20 yang dikawal 12.000 personel gabungan ini rencananya dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga:   Festival Loksado 2022 Digelar 24-26 Juni di Kalsel

“Pengerahan 12.000 personel Ini untuk mastikan jalannya kegiatan yang dihadiri oleh Presiden maupun para delegasi dari 20 negara itu berjalan dengan baik,” bebernya.

Menurutnya, tantangan yang dimaksud adalah karena saat ini masih dalam upaya pengendalian virus covid-19. Sehingga digelarnya 7 event besar tersebut berdampak menimbulkan kerumunan banyak orang.

Dari tujuh event besar itu ada beberapa kegiatan penting yang dilakukan kepolisian Polda Bali serta masyarakat. Antara lain, restorasi hutan manggrove. Kegiatan ini selain untuk menjaga ekosistem juga memberikan contoh kepada dunia bahwa Indonesia adalah paru-paru dunia.

Fokus pengamanan lainnya yakni pertandingan sepak bola Liga I dan bagian upaya pemulihan ekonomi nasional, khususnya membangkitkan sektor pariwisata Bali.

Langkah-langkah yang dilakukan Polda Bali adalah gencar mensosialisasi Protokol Kesehatan (Prokes) dan mendorong percepatan vaksinasi. Ditegaskanya, tahap vaksinasi Covid-19 di Bali termasuk yang terbaik nasional. (en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img