Adhyaksa Award 2024 Tetapkan 5 Jaksa Terbaik Se-Indonesia 

Related Articles

JAKARTA – Malam puncak penganugerahan Adhyaksa Award 2024 digelar Jumat (5/7/2024) malam di Hotel Westin, Jakarta Selatan. Ajang ini menetapkan lima jaksa terbaik se-Indonesia untuk lima kategori, dari 15 jaksa yang masuk sebagai kandidat finalis.

Acara yang dimulai dengan makan malam bersama ini dihadiri Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin dan Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT) beserta beberapa jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM). Di antaranya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dan pejabat tinggi lainnya.

Ajang penganugerahan bagi jaksa-jaksa terbaik se-Indonesia ini diinisiasi oleh media Detik.com yang bekerja sama dengan Kejaksaan Agung.

Chairman of CT Corp Chairul Tanjung dalam sambutannya mengungkapkan, Trans Media kerap mengikuti dengan cermat progresivitas Kejaksaaan Agung dalam melayani publik di bidang hukum termasuk progresivitasnya dalam mengungkap banyak kasus besar yang banyak mendapat perhatian masyarakat.

“Kami menyadari penegakan hukum yang progresif tentu memiliki konsekuensi yang tidak ringan, karena berpotensi menghadirkan ketidaknyamanan satu atau lebih banyak pihak. Untuk itu Trans Media memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada figur yang menjadi motor dari penggerak pencapaian monumental dari institusi Kejaksaan Agung,” terang Chairul.

Baca Juga:   Java Pop Festival 2024 Akan Digelar di 6 Kota

Dalam kesempatan ini, Chairul Tanjung menyerahkan secara langsung penghargaan untuk Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin. Usai menerima penghargaan, Sanitiar Burhanuddin menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diterimanya. Namun menurutnya, yang terpenting adalah tentang keberhasilannya mewujudkan kejaksaaan dari awal hingga saat ini dan menjadi badan hukum yang dinilai paling dipercaya oleh publik.

Malam puncak penganugerahan Adhyaksa Award 2024 yang digelar di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (5/7/2024) malam. (Foto : Nicha/Event Nusantara)

 

“Saya sadar tanpa dukungan media terutama Detik.com keberhasilan-keberhasilan yang kami capai tidak akan diketahui masyarakat. Terima kasih telah menilai secara objektif. Tujuan kami bukan untuk mencari nama. Tapi bagaimana memberikan rasa adil bagi masyarakat,” ujar Jaksa Agung.

“Satu kata untuk para jaksa, pertahankan apa yang telah kita capai waktu ini. Mungkin suatu saat bisa saja, hari ini atau esok saya berhenti menjadi Jaksa Agung. Masih satu tekad, tetap kalian jaga, kembalikan marwah kejaksaan,” sambungnya.

Yang menarik lainnya adalah Saepul Uyun Sujati yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) di Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Kalimantan Timur berhasil meraih penghargaan Adhyaksa Award 2024 untuk kategori Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum.

Baca Juga:   Penyelenggara Formula E Jakarta Siapkan 50 Ribu Tiket

“Ini merupakan sejarah dalam perjalanan hidup saya yang sangat berharga. Saya ucapkan terima kasih kepada para deawan pakar dan juga Detik.com yang telah memprakarsasi acara ini. Alhamdulillah kinerja kami dapat diapresiasi dengan baik. Saya dedikasikan penghargaan ini kepada kedua orang tua saya, istri saya dan terima kasih juga kepada Kajari Kutai Barat, Bapak Nurul Hisyam atas bimbingannya dan aarahannya selama ini,” ujar Saepul.

Diketahui, Dewan Pakar Adhyaksa Award 2024 sebelumnya telah menetapkan 15 nama sebagai kandidat finalis peraih penghargaan paling bergengsi untuk jaksa di Indonesia. Kandidat 15 finalis itu merupakan hasil penyaringan dari 25 nama, yang disaring dari ribuan jaksa. Sebanyak 15 nama ini terpilih untuk 5 kategori atau 3 besar per kategori.

Lima jaksa yang meraih Adhyaksa Awards 2024 adalah Febrow Adhyaksa Soeseno, Kuntadi, Herlinda, Saepul Uyun Sujati, dan Bambang Setiawan. (Foto: detik.com)

Kelima Dewan Pakar yang berperan dalam penganugerahan bergengsi ini memiliki latar belakang beragam. Antara lain, Tenaga Ahli Jaksa Agung, Ketua Komisi Kejaksaan 2015-2019 dan 2019-2023 Barita Simanjuntak, Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (FH Unsoed) Prof Muhammad Fauzan, Pemimpin Redaksi (Pemred) detikcom Alfito Deannova Gintings dan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman.

Baca Juga:   Kemendag Gelar In Store Promotion Ramadan Fashion Festival

Adapun acara semakin meriah dengan dihibur oleh penyanyi Yuni Shara yang menyanyikan beberapa tembang lawas dan mengajak Jaksa Agung hingga jajaran menteri untuk ikut bernyanyi bersama. (cha)

 

Daftar 5 Jaksa Peraih Penghargaan Adhyaksa Award 2024:

 

  1. Kategori Jaksa Inovatif dalam Penegakan Hukum

Saepul Uyun Sujati, Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) di Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Kalimantan Timur.

 

  1. Kategori Jaksa Inspiratif Pemberdaya Masyarakat

Febrow Adhyaksa Soeseno, Kepala Seksi Intelijen Kejari Tebo, Jambi.

 

  1. Kategori Jaksa Penegak Keadilan Restoratif

Herlinda, Kepala Seksi Pidum Kejari Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

 

  1. Kategori Jaksa Tangguh Pemberantasan Korupsi

Kuntadi, Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung).

 

  1. Kategori Jaksa Teladan dalam Integritas

Bambang Setiawan, Koordinator pada Kejaksaan Tinggi DI Yogyakarta.

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img