TEI 2024 Tarik 7.000 Buyer dari Luar Negeri

Related Articles

TANGERANG – Pameran internasional, Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 gelaran Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini diklaim telah mampu menarik 7.000 buyer (pembeli). Selain buyer, TEI tahun ini juga diikuti 1.460 pelaku usaha yang siap memasarkan produk unggulan mereka kepada pasar global.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan dalam acara pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 di Hall Nusantara ICE BSD City, Tangerang, Rabu (9/10/2204). “Pagi hari ini sudah terdaftar buyer dari luar negeri lebih kurang 7.000 orang, biasanya pada akhir pameran mencapai 30 ribu orang,” ujar Zulkifli Hasan dalam sambutannya.

Zulkifli Hasan, yang akrab disapa Zulhas, juga menyampaikan Trade Expo Indonesia tahun ini menunjukkan antusiasme tinggi dari para eksportir, dengan meningkatnya jumlah peserta dan potensi transaksi yang signifikan.

Mendag, Zulkifli Hasan menyebut TEI 2024 berpotensi tingkatkan transaksi yang signifikan. (Foto: Kemendag RI)

 

Dalam kesempatan ini, TEI juga memberikan apresiasi kepada eksportir terbaik melalui penghargaan Primaniyarta, dan memberikan penghargaan Primaduta kepada buyer internasional yang setia menjadi mitra ekspor Indonesia.

Baca Juga:   Resmi Buka TEI 2024, Presiden Soroti Tantangan Global dan Peluang Ekspor

Mendag juga mencatat peningkatan yang luar biasa dalam capaian ekspor Indonesia sejak TEI pertama kali digelar. Ia mengungkapkan, pada 2014, transaksi ekspor melalui TEI mencapai USD 1,42 miliar, sementara pada tahun 2023, angka tersebut melonjak hingga USD 30,5 miliar (Rp476 triliun).

Pembukaan TEI ke-39 di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (9/10/2024). (Foto: Kemendag RI)

 

“Saat pertama kali diadakan 10 tahun lalu, transaksi TEI mencapai USD1,42 miliar. Tahun lalu, kita mencapai transaksi ekspor sebesar USD30,5 miliar,” kata Zulhas.

Yang istimewa dari TEI ke-39 ini adalah kolaborasi antara Kemendag dan Kementerian Agama (Kemenag) yang menghadirkan paviliun halal. Zulhas menyebut, paviliun ini menjadi respons atas gencarnya promosi perdagangan halal oleh negara-negara tetangga, seperti Thailand.

“Tahun ini istimewa, karena kami bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk menghadirkan halal paviliun. Thailand sudah mulai gencar mempromosikan perdagangan halal,” ungkapnya.

Acara pembukaan TEI ke-39 ini turut dihadiri oleh Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Rosan Roeslani, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, serta sejumlah duta besar dan pelaku usaha dari dalam dan luar negeri. (cha)

Baca Juga:   Kemendag Tetap Dorong Pemasaran Produk Pertambangan di TEI 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img