Festival Seni Tradisi di Kaltim Akan Dihadiri Delegasi 6 Negara

Related Articles

SAMARINDA – Festival seni tradisi internasional bertajuk East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) yang dilaksanakan pada 25-30 Juli 2024 akan dihadiri 6 negara. Selain itu, ada pula partipasipan kelompok seni dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Enam negara yang telah mengonfirmasi siap hadir dalam EBIFF mendatang adalah Bulgaria, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Polandia, dan Amerika Serikat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Ririn Sari Dewi di Samarinda, Selasa (23/7/2024) dilansir dari Antara.

Sebanyak enam negara tersebut mewakili kelompok seni masing-masing. Perwakilan Bulgaria sebanyak 25 personel dari kelompok seni Slavey, perwakilan Mesir ada 14 personel dari kelompok seni TW-Egy Folk Troupe. Jepang terdapat 15 peserta dari kelompok seni Emotional Taiko Project.

Kemudian perwakilan Korea Selatan ada 21 peserta dari kelompok seni Arts In Busan. Polandia mengirimkan 32 peserta dari kelompok seni Warszawianka. Amerika Serikat ada 25 personel yang mewakili kelompok seni Balley MontainCloggers.

Sementara partisipan seni dari berbagai daerah di Indonesia kata Ririn seperti dari Kabupaten Kolaka (Sulawesi Tenggara), dari Pinrang (Sulawesi Selatan), Palu (Sulawesi Tengah). Kemudian dari Kulon Progo (DI Yogyakarta), Kalimantan Utara, Bangka Belitung, dan kelompok seni dari DKI Jakarta.

Baca Juga:   Mojotirto Festival Wujud Syukur Air Berlimpah

“Sedangkan partisipan lokal Kaltim seperti dari Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, Berau, Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara (PPU). Ada juga partisipasi dari delapan paguyuban di Kaltim dan 12 sanggar seni di Kaltim,” papar Ririn.

EBIFF, lanjutnya, dipusatkan di tiga lokasi di Kota Samarinda, yakni GOR Kadrie Oening, Creative Hub (eks Bandara Temindung), dan Kantor Gubernur Kaltim. Agenda EBIFF antara lain kirab budaya, pementasan seni, dan kunjungan ke sejumlah lokasi, di antaranya perwakilan enam negara akan berkunjung ke Islamic Center.

Selain EBIFF, katanya lagi, Dispar Kaltim juga menggelar agenda besar lainnya pada waktu bersamaan, yakni Kaltim Expo 2024 pada 25-30 Juli 2024 dan Kaltim Travel Fair (KTF) pada 25-28 Juli 2024 yang dipusatkan di Kota Samarinda. (ant/en)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img