Film Autobiography Tayang Serentak di 25 Kota pada 19 Januari 2023

Related Articles

JAKARTA – Film berjudul Autobiography akhirnya dapat disaksikan oleh penonton secara luas mulai tanggal 19 Januari 2023. Sebelumnya film ini sekitar 5 bulan melanglang buana ke 29 festival, masuk ke dalam 36 nominasi dan mengantongi 18 penghargaan termasuk mendapatkan piala Festival Film Indonesia 2022 dalam kategori Penulis Skenario Asli Terbaik.

Film Autobiography yang diproduksi oleh Kawankawan Media dan disutradarai oleh Makbul Mubarak bercerita tentang sosok Rakib yang diperankan oleh Kevin Ardiloka bekerja menggantikan ayahnya yang mendekam di penjara untuk mengurus rumah kosong milik Purna, pensiunan jenderal (diperankan oleh Arswendy Bening Swara). Keluarga Rakib sejak dari kakek buyut, kakek, hingga ayahnya mengabdi pada keluarga Purna. Rakib mempunyai satu saudara laki-lakinya yang bekerja di luar negeri.

Cerita yang mengambil setting tahun 2017 bermula dari kedatangan Purna kembali ke kampung halamannya untuk memulai kampanye pemilihan bupati. Hal ini menjadikan beban kerja Rakib bertambah, karena dia merangkap menjadi asisten Purna yang mengurusi semua pekerjaan hingga kehidupan Purna.

Baca Juga:   Lombok Jadi Tuan Rumah World Halal Tourism Summit

Sebenarnya Rakib menemukan figur ayah sebagai pengganti ayahnya pada diri Purna, namun setelah kejadian perusakan poster kampanye Purna yang terpasang di pinggir jalan akhirnya watak asli Purna mulai terungkap.

Rakib diperintahkan Purna untuk melacak pelaku perusakan poster. Hal inilah yang memicu rantai kekerasan dalam film ini dengan munculnya sikap arogansi Purna yang masih mempunyai kekuasaan sebagai mantan jenderal.

Untuk dapat memerankan sosok sang Jenderal, Arswendy Bening Swara yang mempunyai latar belakang teater, mengakui karakter sosok jenderal ini didapat dari pengamatan pada sosok jenderal-jenderal masa lalu.

“Saya membayangkan menjadi beberapa jenderal, lalu saya menjadi seperti seorang desainer, saya membedakan antara bergaya sebagai jenderal dan berakting,” jelasnya.

Ia mengakui saat syuting pun masih meragukan gambaran sosok Purna, namun keraguan itu hilang saat ia berhadapan langsung dengan sutradara, dengan situasi serta tempat.

“Saya melihat jenderal sebagai seorang yang memegang kekuasaan, siapapun dia apakah pak RT, RW, saya melihat pada berbahayanya kalau kekuasaan dipegang oleh orang-orang yang tidak kompeten dan tidak mempunyai moral serta spiritual yang baik,” tegasnya.

Baca Juga:   Ivendo Prediksi Juni Jadi Periode Penyelenggaraan Acara Tertinggi

Yulia Elvina Bhara yang bertindak sebagai produser, menjelaskan jika film Autobiography adalah film bergenre suspense thriller. “Film bergenre suspense thriller biasanya adalah film-film dari luar negeri. Film produksi Indonesia bergenre tersebut belum begitu banyak. Kami ingin mengisi kekosongan tersebut,” ujarnya saat Press Conference Selasa (17/1/2023) di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta

Antusiasme penonton pada film Autobiography terlihat saat melakukan penayangan terbatas pada kompetisi Joja-Netpac Asia Film Festival 2022 yakni pada dua kali penayangan tiketnya habis dalam waktu 30 menit. Dari keikutsertaannya, film Autobiography mendapatkan Golden Hanoman Award.

Yulia berharap dengan ditayangkannya film Autobiography secara serentak 19 Januari 2023 pada 48 layar lebar pada hari pertama di 25 kota seluruh Indonesia, juga akan mendapatkan sambutan yang meriah dari para penonton.

Makbul Mubarak mengatakan film Autobiography mendapatkan sambutan meriah dari penonton di luar negeri. Ia berharap dengan ditayangkannya film ini secara serentak akan disambut juga oleh pononton di dalam negeri. “Reaksi penonton luar negeri pada film Autobiography mengejutkan, saya berharap hal yang sama dari penonton di dalam negeri,” ujarnya.

Baca Juga:   MRT Jakarta Gelar Festival Seni dan Kuliner di Terowongan Kendal

Film Autobiography adalah film panjang pertama sutradara dan penulis skenario Makbul Mubarak. Film ini dibintangi oleh Kevin Ardiloka, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra dan alm Gunawan Maryanto.

Selain memastikan tanggal tayang film Autobiography, juga dirilis video musik dari Original Soundtrack (OST) yang berjudul Ambilkan Bintang yang dinyanyikan oleh Sal Pribadi. Video produksi Kawankawan Media yang disutradarai Anggun Priambodo dapat disaksikan pada channel Youtube dan Spotify. (hds)

Foto: Herry Drajat

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img