Membeko Festival di Bontang Kuala, Bukan Sekadar Seruan Sarapan

Related Articles

BONTANG – Pemkot Bontang terus mendorong potensi pariwisata di Kota Taman ini. Hal itu dilakukan mengingat Bontang bakal menjadi daerah penyangga ibu kota Negara (IKN) dan daerah pasca-migas.

Salah satunya melalui Membeko Festival yang dilaksanakan di Bontang Kuala, Sabtu (27/8/2022). Membeko merupakan tradisi sarapan masyarakat adat Bontang Kuala sebelum beraktivitas, guna menjaga tubuh lebih kuat.

Ketua Pokdarwis Kuala Abadi, Halimah, menyebutkan kegiatan ini sebagai tradisi sarapan bersama secara lesehan sebelum memulai kegiatan atau rutinitas dengan ciri khas berbagai menu sarapan khas Bontang Kuala yang disajikan di atas baki bundar.

Membeko Festival ini diselenggarakan sebagai bentuk syukur akan nikmat yang telah diraih. Membeko berakar dari istilah mem, yang berarti menyuruh dan mbeko, yakni sarapan.

“Membeko artinya orang tua kami dahulu menyuruh kami untuk sarapan agar badan bugar dan penuh energi sebelum beraktivitas,“ jelas Halimah dikutip dari Liputan6.

Kegiatan diawali dengan senam sehat, jalan santai, serta pertunjukan tari kreasi. Membeko Fest ini dihadiri Wali Kota Bontang Basri Rase dan Wakil Wali Kota Bontang Najirah, VP Pelayanan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) Sugeng Suedi, Wakil Ketua DPRD Bontang Agus Haris, Dandim 0908 Bontang, Wakapolres Bontang, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Bontang, Lurah Bontang Kuala Suiza Ixan Saputro.

Baca Juga:   Sejumlah Seniman Bakal Meriahkan Jimbafest 2024 di Bali

Dalam sambutannya, Wali Kota Basri Rase mengapresiasi kegiatan yang diadakan di Kelurahan Bontang Kuala tersebut. Dia berharap kegiatan tersebut bisa diagendakan setiap tahun dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bontang.

Tahun ini katanya, Pemkot Bontang telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dalam hal pariwisata dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan akan dilanjutkan dengan rapat teknis untuk pengembangan pariwisata dan UMKM di Kota Bontang.

“Semua potensi pariwisata di Kota Bontang akan kita gali serta kita kembangkan, dan salah satunya adalah kegiatan Membeko Fest ini,” ucap Basri.

Sementara itu, VP Pelayanan Umum Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi, mengatakan Pupuk Kaltim selalu turut serta dalam menjaga warisan budaya dan adat istiadat di Kota Bontang. Oleh sebab itu Pupuk Kaltim sangat mendukung terselenggaranya Membeko Fest. Membeko Fest diharapkan dapat melestarikan kebudayaan dan mendorong sektor ekonomi sehingga membangkitkan roda perekonomian di Kota Bontang terkhusus di Bontang Kuala.

“Dalam kesempatan ini saya meminta dukungan dari pemerintah dan masyarakat Kota Bontang untuk dapat terus mendukung Pupuk Kaltim agar dapat beroperasi dengan baik dan lancar, sehingga Pupuk Kaltim dapat terus memberikan dukungan seperti ini terus untuk Kota Bontang di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya. (en)

Baca Juga:   Ribuan Pelajar Bersama Ortu Bermain Angklung di Jember

Foto: Media Kaltim

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img