1.200 Seniman Tampil di Bali Street Carnival World Water Forum

Related Articles

BADUNG – Sebanyak 1.200 seniman Bali tampil di hadapan delegasi World Water Forum (WWF) Ke-10 dalam rangkaian acara bertajuk Bali Street Carnival. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan tujuan pergelaran ini agar peserta World Water Forum lebih mengenal budaya Bali.

“Bali Street Carnival ini menampilkan budaya Bali secara keseluruhan yang ditampilkan sangat apik oleh enam sanggar seni,” katanya di kawasan ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Senin (20/5/2024).

“Terima kasih Pak Basuki dan Pemprov Bali sudah mengemas ini dalam waktu singkat sekali, tapi kita lihat lebih dari 1.200 penampil memperlihatkan adiluhungnya budaya Bali dan penampilan ekonomi kreatif,” sambung Sandiaga.

Diketahui, Bali Street Carnival digagas oleh Kemenparekraf bersama Pemprov Bali, dimana seniman dari Sanggar Karawitan Bungan Dedari, Sanggar Seni Paripurna, Sanggar Seni Pancerlangit, Sanggar Seni Kokar Bali, Sanggar Gumiart Bali, dan Sanggar Seni Gita Mahardika melakukan parade disertai pertunjukan seni singkat melintasi delegasi yang berjajar menonton.

Delegasi World Water Forum Ke-10 saat menyaksikan Bali Street Carnival di Badung, Bali, Senin (20/5/2024). (Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari)

 

Baca Juga:   Puncak Hari Nusantara 2022 Dihelat di Wakatobi

Menurut Menparekraf, festival di sela-sela pertemuan para delegasi ini akan melengkapi kenangan indah mereka selama mengikuti World Water Forum Ke-10 yang berlangsung 18-25 Mei 2024. Bali Street Carnival diberi tema Samudera Cipta Peradaban atau upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta.

“Ini adalah forum internasional terbesar yang membahas isu-isu air global dan tadi menurut Presiden World Water Council bahwa ini (WWF di Bali) yang terbaik, bersama dengan Pemprov Bali atas arahan presiden kami kolaborasi agar arak-arakan dan prosesi berbagai atraksi kita adakan,” ujar Menparekraf.

Sandi bercerita pada Sabtu (18/5/2024) kemarin para delegasi memberi tanggapan positif atas kegiatan Segara Kerthi di KEK Kura-kura Bali, kegiatan ritual dibalut pertunjukkan seni itu menjadi acuan mereka untuk memulai Bali Street Carnival ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut hadir di parade tersebut bahkan mengaku sudah mengarahkan partisipan WWF agar segera bergeser ke area Bali Collection ITDC Nusa Dua agar menyaksikan pentas seni itu

“Kami mengucapkan terima kasih Pak Sandiaga dan Pemprov Bali, sore ini kami minta semua rapat diselesaikan jam 5 supaya mereka (partisipan) nonton ke sini,” ujarnya. (ant)

Baca Juga:   Kenduri Seni Melayu Batam Diikuti 4 Negara di ASEAN
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img